Cara Kompres File 1.15GB Jadi 3.96MB Dengan Winrar - Liza Rifan Muazin

Monday, April 10, 2017

Cara Kompres File 1.15GB Jadi 3.96MB Dengan Winrar

Kompres file sangat berguna jika anda mempunyai media penyimpanan yang terbatas. Karena jika file sudah di kompres maka ukurannya akan menjadi lebih kecil. File yang ukurannya kecil akan lebih cepat ditransfer sehingga lebih hemat waktu juga.

Kompres file dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam software karena tersedia banyak sekali software softwarenya. Khusus kali ini saya akan memberikan tutorial kompres file menggunakan winrar.

Kenapa memakai winrar? Karena sebagian besar pengguna laptop memiliki winrar. Selain itu caranya juga sederhana karena hanya perlu melakukan sedikit pengaturan sebelum file tersebut di kompres.
Cara Kompres File 1.15GB Jadi 3.96MB Dengan Winrar

Meskipun demikian tidak semua file dapat dikompres dengan winrar, salah satu contohnya yaitu file berekstensi (.exe). Langsung saja simak langkah langkahnya berikut ini.

1. Menyiapkan bahan-bahan
Pastikan laptop anda sudah terinstall winrar, jike belum silakan cari saja di google. Jika sudah teristall cari file yang akan di kompres. Disini saya contohkan file berekstensi (.txt) dengan ukuran 1.15 GB. Setelah itu klik kanan dan pilih "Add to archive".
Add to archive

2. Melakukan beberapa pengaturan
Setelah klik "Add to archive" maka akan mucul jendela baru. Langkah berikutnya melakukan beberapa pengaturan  yaitu "mengganti compression method menjadi best" dan memberi tanda centang pada "create solid archive" silakan lihat gambar dibawah ini.
mengganti compression method menjadi best dan centang reate solid archive

3. Menunggu waktu kompres 
Langkah terakhir tinggal klik ok dan tunggu proses kompres selesai. Lama tidaknya tergantung besar file yang dikompres, semakin besar file semakin lama pula waktu kompresnya.
menunggu waktu kompres file

Jika sudah selesai maka file akan berbentuk rar. Silakan cek saja ukuran file yang sudah di kompres dengan cara mendekatkan kursor dengan file tersebut. Disini saya berhasil kompres file (.txt) sebesar 1.15GB menjadi 3.96MB. Berikut buktinya.
Gambar file setelah berhasil di kompres
Dengan berhasilnya cara tersebut menandakan artikel ini sudah selesai. Terimakasih sudah mengunjungi blog saya. Apabila ada yang masih kurang jelas silakan tanyakan dikomentar.

Share with your friends

31 comments

  1. Biasanya kan untuk Aplikasi Semisal Photoshop , Biasanya saya dapat dari Winrar juga , Misalkan untuk Video bisa tidak min di kompres ke dalam winrar juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. file apa saja bisa asalkan belum berbentuk rar/zip, kecuali di exstrack dulu baru di kompres ulang sperti contoh di atas

      Delete
  2. wah kebetulan saya belum paham mengenai winrar. thks ya gan :)

    ReplyDelete
  3. baru tahu kalo file segede gaban bisa dikompres manjadi seupil, ditunggu postingan selanjutnya gan

    ReplyDelete
  4. sudah saya coba. tapi file tetap sama. gak sampai sekecil itu.

    ReplyDelete
  5. Yang bisa ya cuman file text doang, selain text kagak jadi ea, kalau mau posting jangan kasih cara hoax dong kasihan pengunjung. Budayakan riset dulu baru posting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kritik dan sarannya, maaf sebelumnya mas, saya tidak memberikan cara hoax, diatas sudah dijelaskna bahwa tidak semua file dapat dikompres menggunakan winrar, budayakan membaca sampai selesai terlebih dahulu sebelum berkomentar.

      Delete
  6. untuk folder yg isinya file pdf banyak bisa gan ?

    ReplyDelete
  7. saya sudah mengikuti tutorial di atas, tpi ttp ga banyak berkurang, yg awalnya 1Gb, jadi 900Mb, hanya sedikit berkurangnya.. ada hal yg terlewatkah yg saya tidak tau?...

    ReplyDelete
  8. Untuk PDF tidak Maksimal kompresing nya hanya bisa, cth 80 MB jadi 72 MB.

    ReplyDelete
  9. Ganti dulu file ekstensinya bro. Contoh file vidoe .mp4 diganti aja jadi .txt. caranya tanya mbah google aja. Nanti pas mau dipake file yg dokompres dganti lagi tuh file ekstensinya jadi .mp4 lagi. Selesai...

    ReplyDelete
  10. Gan, saya mungkin udah lama tau winrar, tapi baru kali ini saya tau cara mengkompres file menjadi sangat-sangat kecil sekali. Biasanya saya mengkompres file sizenya menjadi hanya separuh dari file size yang sesungguhnya. thanks gan.

    ReplyDelete
  11. Mana ada .txt ukuran sampai bergiga giga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dong, apalagi wordlist, ga heran kalo bergiga giga

      Delete
  12. gagal mas bro, yang ke kompres cuma 2 MB.
    dari 50 MB menjadi 48 MB.
    solusinya gimana ya?

    ReplyDelete
  13. Kalau untuk file video gimana caranya? Udah di kompres tetep sama besar ukurannya ga berubah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Type videonya hrs diconvert dulu ke avi mas, baru bisa jadi kecil

      Delete
  14. Saya coba cara ini untuk file pdf ternyata hanya berkurang 2 mb dari normalnya 293 mb menjadi 291 pake cara ini,,, ada solusi?

    ReplyDelete
  15. Min, sdh sy coba tpi knapa file.a cuma sdkit brubah ukuran.a...

    ReplyDelete