Cara Kompres File 1.15GB Jadi 3.96MB Dengan Winrar

Cara Kompres File 1.15GB Jadi 3.96MB Dengan Winrar

      Kompres file sangat berguna jika anda mempunyai media penyimpanan yang terbatas. Karena jika file sudah di kompres maka ukurannya akan menjadi lebih kecil. File yang ukurannya kecil akan lebih cepat ditransfer sehingga lebih hemat waktu juga.
     Kompres file dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam software karena tersedia banyak sekali software softwarenya. Khusus kali ini saya akan memberikan tutorial kompres file menggunakan winrar. Kenapa memakai winrar? Karena sebagian besar pengguna laptop memiliki winrar. Selain itu caranya juga sederhana karena hanya perlu melakukan sedikit pengaturan sebelum file tersebut di kompres. Meskipun demikian tidak semua file dapat dikompres dengan winrar, salah satu contohnya yaitu file berekstensi (.exe). Langsung saja simak langkah langkahnya berikut ini.

1. Menyiapkan bahan-bahan
     Pastikan laptop anda sudah terinstall winrar, jike belum silakan cari saja di google. Jika sudah teristall cari file yang akan di kompres. Disini saya contohkan file berekstensi (.txt) dengan ukuran 1.15 GB. Setelah itu klik kanan dan pilih "Add to archive".
Add to archive

2. Melakukan beberapa pengaturan
     Setelah klik "Add to archive" maka akan mucul jendela baru. Langkah berikutnya melakukan beberapa pengaturan  yaitu "mengganti compression method menjadi best" dan memberi tanda centang pada "create solid archive" silakan lihat gambar dibawah ini.
mengganti compression method menjadi best dan centang reate solid archive

3. Menunggu waktu kompres 
     Langkah terakhir tinggal klik ok dan tunggu proses kompres selesai. Lama tidaknya tergantung besar file yang dikompres, semakin besar file semakin lama pula waktu kompresnya.
menunggu waktu kompres file

     Jika sudah selesai maka file akan berbentuk rar. Silakan cek saja ukuran file yang sudah di kompres dengan cara mendekatkan kursor dengan file tersebut. Disini saya berhasil kompres file (.txt) sebesar 1.15GB menjadi 3.96MB. Berikut buktinya.
Gambar file setelah berhasil di kompres
     Dengan berhasilnya cara tersebut menandakan artikel ini sudah selesai. Terimakasih sudah mengunjungi blog saya. Apabila ada yang masih kurang jelas silakan tanyakan dikomentar.

Postingan terkait: